Menu Tutup

PELAKSANAAN ASESMEN, KOMPETENSI KEAHLIAN JURUSAN OLEH LSP-P1 SMKN 1 BANJARBARU

Sharing di Media Sosial :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

LSP adalah Lembaga Sertifikasi Profesi yang melaksanakan kegiatan sertifikasi profesi berlisensi dari BNSP atau Badan Nasional Sertifikasi Profesi.

Jadwal terselenggaranya memang tidak bersamaan antar jurusan dalam kegiatan pelaksanaan Asesmen Kompetensi Keahlian di SMKN1 Banjarbaru oleh Asesor LSP-P1 SMKN 1 Banjarbaru dijurusan masing masing. Tapi hal ini tidak mengurangi esensi pengujian asesmen kompetensi keahlian dari setiap siswa oleh para Asesor LSP-P1 SMKN 1 Banjarbaru yang sudah bersertifikasi BNSP .

Menghadapi gelombang  deras dari revolusi industri 4.0 sudah terasa dan berdampak pada dunia pendidikan dengan tidak terkecuali dan khususnya Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK merasakan sekali dampak ini.

Reaksi dari dampak ini maka keluarlah Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan tentunya untuk menyambut dampak gelombang dari revolusi industri 4.0 ini.

Dampak yang dirasakan adalah terhadap pengetahuan dan teknologi, karena diciptakannya satu produk teknologi jelas akan memicu produk teknologi yang baru dan itu akan berlangsung dan berkembang terus serta tidak menutup kemungkinan akan menjadi kebutuhan yang tidak bisa terlepaskan dari Dunia Usaha dan Dunia Industri.

Menilik dari Dunia Usaha dan Dunia Industri terlebih sekarang ini tentunya berkaitan sekali baik secara langsung maupun tidak langsung dengan dunia pendidikan dilingkung SMK atau sebaliknya.

Derasnya akan tuntutan ini lah dan berdampak pada lulusan, maka SMKN 1 Banjarbaru melalui Rosehan Anwar, M.M.Pd selaku kepala SMKN1 Banjarbaru dengan dukungan penuh semua pihak dari Jurusan Kompetensi yang ada , semua Wakil Kepala Bidang , Tenaga Pendidik serta Tenaga Kependidikan membentuk LSP-P1 SMKN 1 Banjarbaru yang diketuai oleh Dian Amalia, S.Pd. dan Rosehan Anwar, M.M.Pd Kepala SMKN1 Banjarbaru selaku Dewan Pengarah LSP-P1 SMKN1 Banjarbaru.

Alhamdulillah untuk saat ini SMKN 1 Banjarbaru sudah mempunyai 10 orang Asesor yang bersitifikasi BNSP

-Perhotelan dengan empat orang asesor

-Otomatisasi dan Tata Kelola  Perkantoran dengan dua orang asesor

-Tata Boga dengan dua orang asesor

-Desain Komunikasi Visual dengan dua orang asesor.

Kesepuluh asesor LSP-P1 SMKN 1 Banjarbaru inilah yang dipersiapkan profesionalitas dan integritas nya dalam melaksanakan asesmen kompetensi keahlian pada siswa dijurusan masing masing  dengan tujuan peningkatan kompetensi lulusan SMK untuk pemberian sertifikat  kompetensi lulusan SMK yang berlisensi BNSP

Untuk saat sementara ini adalah Jurusan Perhotelan, jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran, Tata Boga serta Desain Komunikasi Visual yang sudah mempunyai Asesor penguji asesmen kompetensi  keahlian dan menyusul kedepan nantinya adalah jurusan Kriya Kreatif seperti Kriya Kreatif Kayu dan Rotan, jurusan Kriya Batik dan Tekstil, jurusan Kriya Kreatif Logam dan Perhiasaan serta Jurusan Kriya Kreatif Keramik.

Dimana sertifikat kompetensi keahlian berlisensi BNSP ini menjamin bahwa lulusan SMK mempunyai kompetensi sesuai kebutuhan industri dan juga sebagai sarana branding untuk lulusan SMK dalam memenuhi SKKNI atau Standart Kompetensi Kerja Nasional Indonesia yang dibuat oleh BNSP Badan Nasional Sertifikasi Profesi yang mengacu pada kebutuhan industri.

Artinya Dunia Usaha dan Dunia Industri tidak lagi beralasan meragukan kemampuan kompetensi keahlian siswa siswa SMK yang sudah bersertifikat yang dikeluarkan oleh SMK yang sudah membentuk LSP-P1 SMK  dengan berlisensi dari BNSP . SMK BISA !!!

 

Redaksi Sjamsjul Rizal

Humas SMKN 1 Banjarbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *