Get in Touch

Edit Template

In House Training Pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka SMKN 1 Banjarbaru 13 sd 16 Desember 2022

Bertempat di ruang aula sekolah dilaksanakan kegiatan IHT atau In House Training dalam tema Pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka.
Perjalanan waktu dari kurikukum 13 dan sekarang dengan kurikulum merdeka ,perubahan kurikulum tentunya terjadi menyesuaikan dengan waktu dan keadaan atau jaman yang sedang berjalan dan berkembang ,serta perubahan itu terus berjalan sampai kapanpun, sebab hanya perubahan itu sendiri yang tidak pernah berubah. Demikian ucap Dwi Ayati, M.Pd dalam mengawali sambutan pembuka kegiatan IHT.
Dengan dasar bahwa amanah sebagai seorang pendidik sebagai sesuatu yang luar biasa, dengan menyampaikan kebaikan kebaikan, dengan memiliki kewenangan untuk itu atau amanah untuk itu. Dalam pelaksanaan ini tentunya kita harus benar benar melakukan penyamaan visi dalam terlaksananya kurikulum merdeka, dengan itu kita lakukan implementasi kurikulum merdeka ini secara benar dan serius.
Banyak memang tahapan tahapan yang kita harus mengenalnya dan memahaminya, tidak saja pada kita sebagai pendidik tapi juga pada siswa selaku peserta didik.
Yang perlu diketahui kurikulum itu adalah panduan, dan tentunya menjadikan kurikulum sebagai panduan dalam melaksanakannya. Dalam IKM sekolah diberi keleluasaan dalam pengembangannya dan ini disesuaikan dengan kondisi dilingkungan sekolah dan masyarakat.
Implementasi Kurikulum Merdeka terutama di smk bertujuan utama adalah bagaimana caranya membekali siswa agar bisa mandiri, menghasilkan uang dengan cara pendidikan yang didapatnya di sekolah dalam hal ini SMK.
IKM sifat volume utamanya adalah melatih bukan hanya teori demikian juga dengan sikap dalam hal ini tentunya sikap siswa.
– Sikap dan ini harus dilatihkan di setiap jurusan.
Dan terkait sikap tentunya sekolah mempersiapkan SOP dan ini akan diterapkan kepada setiap siswa.
Pelaksanaan SOP terkait sikap ini adalah dengan bimbingan, bukan dengan sanksi atau hukuman tetapi dengan bimbingan secara pendekatan face to face, karena sekolah berkonsep menyenangkan, bukan menjadi beban bagi siswa.
– Pengetahuan, memberikan keterampilan dan pengetahuan dengan praktek .
ketrampilan ini dapat diimplementasikan dari beberapa mapel diluar produktif yang bisa include didalamnya , contoh seperti mapel bahasa inggris, bahasa indonesia, matematika, informatika dan juga mapel agama.
Siswa akan bisa menjelaskan secara ilmiah hasil keterampilannnya tadi dari ruang masing masing mapel yang include tadi.
Dan tentunya pada KBM nanti lebih banyak pelatihan bukan pengajaran, dalam kurikulum merdeka akan berbasis PJBL atau berbasis Project. Demikian ujar Dwi Ayati, M.Pd dalam sambutannya menandai dibukanya kegiatan In House Training, Pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka di SMKN 1 Banjarbaru.
Humas SMKN 1 Banjarbaru
Redaksi Sjamsjul Rizal

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tentang Kami

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Banjarbaru didirikan pada tahun 1994  dengan nama Sekolah Menengah Industri Kerajinan (SMIK) Banjarbaru Kalimantan Selatan, dan mulai melaksanakan kegiatan Proses Belajar Mengajar (PBM) pada tanggal 1 Juli 1994 di Banjarbaru.

Kompetensi Keahlian

Posts Terbaru

  • All Post
  • Artikel
  • Berita
  • Branding
  • Development
  • Hiburan
  • Inspirasi
  • Iptek
  • Leadership
  • Management
  • Pengumuman

SMKN 1 Banjarbaru

SMK Negeri 1 Banjarbaru

© 2023 Created with Royal Elementor Addons