Menu Tutup

NAMA KAPRODI:Rezeki Kamalia, S.Pd
VISI:

Terwujudnya lulusan yang berkepribadian, kompeten, dan mampu mengikuti perkembangan dunia industri di bidang Desain Komunikasi Visual.

MISI:

Mempersiapkan mutu lulusan yang memiliki kemampuan profesional dalam bidang Desain Komunikasi Visual, bersikap mandiri, kreatif, inovatif, cerdas, terampil, dan cekatan serta memiliki wawasan global berbasis budaya lokal yang dilandasi iman dan taqwa.

SEJARAH SINGKAT:

Desain Komunikasi Visual (DKV) SMKN 1 Banjarbaru dibuka sejak tahun 2008, dimana para lulusannya telah banyak yang bergelut didunia industri seperti Biro Advertising, Percetakan, Studio Desain Grafis, Studio Fotografi, Event Organizer, hingga Production House.

Desain Komunikasi Visual memiliki peran untuk mampu mengkomunikasikan pesan atau informasi kepada khalayak dengan mengandalkan kekuatan visual sebagai medianya seperti tipografi, ilustrasi, dan unsur-unsur DKV lainnya dengan bantuan teknologi mengunakan software diantaranya Adobe Illustration, Adobe Photoshop, Adobe Indesign, Adobe Premierre, Ulead, dan CorelDraw. DKV merupakan perpaduan yang kuat antara visual art dan keterampilan berkomunikasi sehingga tercipta karya commercial art. Contohnya adalah media cetak indoor dan outdoor, iklan TV, pemotretan model dan produk serta karya seni rupa lainnya dengan tetap menonjolkan sisi estetika yang berkomunikasi.

TUJUAN:

Membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan, dan sikap agar kompeten dalam hal-hal berikut :

  1. Memahami pengetahuan mengenai DKV secara umum dan khusus,
  2. Menggambar nirmana datar dan ruang, teknik, sketsa, ilustrasi, ornamen, tipografi dan bentuk,
  3. Mengoperasikan komputer grafis,
  4. Membuat produk desain komunikasi visual indoor dan outdoor dengan teknik pemotretan fotografi, shooting videografi, cetak saring (sablon) baik secara manual dan digital.
KOMPETENSI:

Desain komunikasi visual dalam pengertian yang luas adalah berbagai kegiatan komunikasi yang menggunakan media dua dimensi maupun tiga dimensi, baik statis maupun dinamis, seperti produk percetakan, televisi, film, animasi dan internet. Bidang yang dipelajari adalah Dasar Desain, Pengetahuan Bahan, Sketsa dan Gambar, Wawasan Seni dan Desain, Simulasi Digital, Komputer Grafis, Fotografi, Sablon, Videografi dan Karya DKV.

PRESTASI:Prestasi tahun 2014 – 2016

  1. Juara 3 Graphic Design Technology LKS Nasional Tahun 2015
  2. Juara 1 Graphic Design Technology LKS Provinsi Kalsel Tahun 2015
  3. Juara 2 Animasi LKS Provinsi KalSel Tahun 2015
  4. Juara umum Piala Gubernur Bergilir Olimpiade Komputer se KalSelTeng Tahun 2015. Juara yang diperoleh : a.Juara 1 Lomba Animasi kategori umum. b.Juara 2 Lomba Desain Grafis kategori pelajar. c. Juara 2 Lomba Edit Foto kategori pelajar. d. Juara 3 Lomba Cerdas Cermat kategori pelajar
  5. Juara 1 Lomba Fotografi “Ecology” Jurusan Biologi Fak.MIPA Univ.UNLAM Banjarbaru Tahun 2016
  6. Juara 1 Lomba Desain Poster Fak.Arsitektur UNLAM Banjarbaru Tahun 2015
  7. Juara 1 Lomba Fotografi Fak.Arsitektur UNLAM Banjarbaru Tahun 2015
  8. Juara 3 Lomba Mading 3 Dimensi Fak. Arsitektur UNLAM Banjarbaru Tahun 2015
  9. Juara 1 dan 2 Lomba Karikatur dalam Rangka Hari PETA Univ. Ahmad Yani Banjarbaru Tahun 2015
  10. Juara 2 Lomba Animasi LKS Provinsi KalSel Tahun 2014
  11. Juara umum Piala Gubernur Bergilir Olimpiade Komputer se KalSelTeng Tahun 2014 kategori pelajar. Juara yang diperoleh : a. Juara 1 Lomba Mading 3 dimensi. b. Juara 2 Lomba Desain Grafis. c. Juara 2 Lomba Edit Foto. d. Juara 3 Lomba Cerdas Cermat
  12. Lomba Pekan Olimpiade Komputer se KalSelTeng Tahun 2014 kategori umum. Juara yang diperoleh : a. Juara 1 Lomba Desain Grafis. b. Juara 1 Lomba Edit Foto
  13. Juara 1 Lomba Lukis Wajah Dewan Kesenian Kota Banjarbaru Tahun 2014
  14. Juara 2 Lomba Fotografi di Dinas Perpajakan dalam rangka KalSel Expo Tahun 2014
  15. Juara 1 Lomba Foto Pendidikan di SMK Penerbangan Banjarbaru Tahun 2014