Menu Tutup

Sosialisasi Kepada Orangtua Siswa Kelas XII Kriya Kreatif Terkait Kegiatan Tugas Akhir (TA)

Sharing di Media Sosial :
Banjarbaru, 19/01/2022
Selepas melaksanakan kegiatan PKL siswa kelas XII selama enam bulan di Dunia Usaha dan Dunia Industri dan Kerja ,siswa khususnya Kompetensi Keahlian Kriya Kreatif empat jurusan, Batik dan Tekstil, Kayu dan Rotan, Logam dan Perhiasaan serta Keramik melaksanakan uji Kompetensi dengan pembuatan Tugas Akhir.
Rencana pelaksanaan ini di-sosialisasikan pada orang tua siswa dari empat jurusan Kriya Kreatif tadi. Sosialisasi ini bertujuan untuk menjelaskan kepada orang tua adalah memaksimalkan kompetensi siswa dalam menuangkan kedalam bentuk Karya yang mempunyai nilai jual sebagaimana di Industri kerajinan, demikian ucap Rosehan Anwar,bM.M.Pd saat membuka sambutannya.
Kegiatan sosialisasi ini di gelar di Aula PTT SMKN1 Banjarbaru Selasa, 18/01/2022, di pandu oleh Puji Lestari, S.Pd selaku Waka Bidang Humas juga sebagai Ketua Pelaksana kegiatan Tugas Akhir ini.
Hadir dalam kegiatan, selain dari orangtua siswa hadir pula seluruh guru produktif Kriya Kreatif dari empat jurusan.
Tugas Akhir adalah mengukur kemampuan siswa dalam membuat Karya yang mana dari pihak jurusan masing masing dalam hal ini Kriya Kreatif memberi keleluasaan pada siswa untuk Karya yang akan di buatnya, tentunya di dukung dengan proposal yang menjelaskan gambar produk karya, bahan yang dipakai, rincian biaya , waktu pengerjaan, peralatan yang digunakan jg pasar jual produk.
Rosehan Anwar, M.M.Pd juga menjelaskan kepada orangtua siswa ditahun 2022 ini akan di terapkan penyelarasan kurikulum pada jurusan kompetensi keahlian yang ada , yang dimana penyelarasan kurikulum adalah “adalah upaya menyesuaikan kurikulum SMK dengan tuntutan DUDIKA yang meliputi kompetensi dan budaya kerja yang berlaku di DUDIKA. Tujuan Penyelarasan Kurikulum yaitu agar kurikulum SMK sesuai tuntutan dan budaya kerja yang berlaku di DUDIKA, sehingga lulusan SMK memiliki kompetensi dan etos kerja yang sesuai dengan kebutuhan DUDIKA.”
Demikian juga dengan Kriya Kreatif agar hasil produk siswa dapat menjadi produk bernilai jual di Industri kerajinan ,terlebih bermunculannya umkm di banjarbaru khususnya Industri kerajinan, baik itu yang mengusung produk kearifan lokal yang ada ataupun produk produk kerajinan yang menjadi lirikan pasar wisata ,baik domestik atau tamu asing, “tambah Rosehan Anwar,M.M.Pd pada orangtua siswa diakhir sambutannya”.
Acara dilanjutkan dengan tanya jawab dan terakhir dengan acara perkenalan guru produktif dari empat jurusan Kriya Kreatif pada orangtua siswa , kemudian dilakukan pembagian kelompok orangtua siswa sesuai jurusan masing masing dengan penjelasan arahan teknis saat TA siswa nanti yang kemudian dilanjutkan pada kunjungan ke bengkel kerja masing masing jurusan.
Humas SMKN1 Banjarbaru
Penulis Sjamsjul Rizal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *