Get in Touch

Edit Template

“TIENDA SERBADA” SMKN 1 BANJARBARU

Tienda Serbada adalah salah satu wirausaha yang ada di SMK Negeri 1 Banjarbaru. Siapa sih yang gak tau wirausaha? Wirausaha adalah suatu kegiatan usaha atau bisnis mandiri dengan kondisi seluruh sumber daya dan upaya dibebankan kepada pelaku usaha (wirausahawan).

Sekarang ini, banyak anak muda mulai tertarik dan melirik profesi bisnis yang cukup menjanjikan masa depan yang cerah. Remaja zaman sekarang, dengan latar belakang profesi orang tua yang beraneka ragam mulai mengarahkan pandangannya ke bidang bisnis. Hal ini didorong oleh kondisi persaingan di antara pencari kerja yang mulai ketat. Saat ini orang tua sudah tidak berpandangan negatif lagi pada dunia bisnis. Anak-anak muda tidak lagi malu berdagang. Bahkan para artis banyak terjun ke dunia bisnis yang bergekaran dalam berbagai komoditi.

Di SMK Negeri 1 Banjarbaru menerapkan program Produk Kreatif dan Kewirausahahan (PKK), dimana siswa diberi kesempatan untuk mengembangkan ide bisnisnya masing-masing. Ada banyak wirausaha yang terdapat di SMK Negeri 1 Banjarbaru, salah satunya “Tienda Serbada” yaitu wirausaha yang dikelola oleh jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP).

Tienda Serbada dibentuk pada 11 Agustus 2022 yang diprakarsai oleh Ibu Nanik Sri Hayati, S.Pd. dan Ibu Welsa Oktaveyanti, S.Pd. Tim ini terdiri dari Dinda Tri Agustining Tias, Zakia Miftachurrizqi Kamila, Dwi Putra Rafiansyah, Muhammad Reza Fadillah, dan Satriya Hendi Pradana. Sekarang tim ini dibimbing oleh Ibu Welsa Oktaveyanti, S.Pd dan Ibu Ratna Dwi Milandari, S.Pd.

Tienda Serbada menjual berbagai alat tulis kantor untuk keperluan siswa dan guru. Mereka menjual alat tulis kantor secara offline di Bussines Center yang berada di SMK Negeri 1 Banjarbaru.

Tidak hanya itu, Tienda Serbada juga menjual beberapa jenis jilbab. Produk jilbab mereka dijual secara offline dan online, mereka memanfaatkan platform Shopee, Instagram, dan Whatsapp untuk penjualan secara online.

Pencatatan pemasukan dilakukan secara manual dan digital. Sistem manual dilakukan dengan cara mencatat pemasukan per harinya ke dalam buku kas/jurnal, kemudian pemasukan tersebut juga dicatat ke dalam bentuk digital yaitu dengan menggunakan aplikasi Buku Warung.

Informasi lebih lanjut dapat dilihat pada link berikut :

Instagram : https://instagram.com/tienda.serbada?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Shopee : http://shopee.co.id/tiendaserbada

Penulis :

Dian Pravita Sari, S.Pd.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tentang Kami

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Banjarbaru didirikan pada tahun 1994  dengan nama Sekolah Menengah Industri Kerajinan (SMIK) Banjarbaru Kalimantan Selatan, dan mulai melaksanakan kegiatan Proses Belajar Mengajar (PBM) pada tanggal 1 Juli 1994 di Banjarbaru.

Kompetensi Keahlian

Posts Terbaru

SMKN 1 Banjarbaru

SMK Negeri 1 Banjarbaru

© 2023 Created with Royal Elementor Addons