Get in Touch

Edit Template

Istilah Dalam Dunia Kerja Yang Perlu Kamu Tahu Ketika Magang/PKL

Pengertian magang menurut Undang-Undang menyebutkan bahwa: magang merupakan bagian dari salah satu pelatihan kerja yang terselenggara di sebuah perusahaan. Tujuan magang yang utama adalah mempersiapkan para pelajar/mahasiswa untuk masuk dunia kerja dan bisa memberi keterampilan yang dibutuhkan industri, PKL/Magang adalah suatu kegiatan pembelajaran dilapangan yang bertujuan untuk memperkenalkan dan menumbuhkan kemampuan siswa/i dalam dunia kerja nyata. Pembelajaran ini dilaksanakan melalui hubungan yang intensif antara perserta program praktek kerja magang dan perusahaan.

Magang merupakan bagian dari pelatihan kerja, biasanya magang dilakukan oleh mahasiswa tingkat akhir atau siswa SMK kelas 3 (PKL) sebagai salah satu syarat utama untuk menyelesaikan proses pendidikan.

Perlu kalian ketahui untuk menjaga komunikasi tetap lebih lancar. Dunia kerja memiliki istilah-istilah yang sering digunakan untuk mempermudah komunikasi di dalamnya. Beberapa istilah-istilah dunia kerja yang kamu harus tahu saat magang agar tidak salah mengartikannya, berikut ini istilah-istilah yang sering digunakan dalam dunia kerja;

[1] Turn Over
Turn Over adalah istilah yang sering dipakai oleh perusahaan besar pada tingkat pergantian karyawan atau pengeluaran karyawan, baik itu akibat pengunduran diri maupun PHK dari pihak perusahaan. Perusahaan dengan tingkat Turn Over yang tinggi biasanya sering melakukan pergantian karyawannya dalam setahun, hal ini biasanya bertujuan untuk memangkas biaya operasional perusahaan.

[2] Whistle Blower
Istilah ini masih terdengar cukup asing jika kita benar-benar tidak bekerja di suatu perusahaan besar. Istilah ini mempunyai makna karyawan yang melakukan kecurangan yang mengakibatkan perusahaan rugi. Hal merugikan seperti itu bisa ditindaklanjuti sesuai dengan kebijakan perusahan masing-masing.

[3] Breach of Contract
Istilah ini sering digunakan bagi karyawan yang melanggar kontrak kerja. Saat pertama kali menerima surat kontrak kerja dan sudah menyetujui dan menandatanganinya namun karyawan tidak menepati kontrak yang dibuat. Hal ini juga bisa ditindaklanjuti sesuai dengan keterangan pada kontrak yang dibuat.

[4] Over Time
Kata ini sering kali digunakan para karyawan pejuang malam, ya kata over time berarti lembur. Bekerja melebihi waktu kerja, biasanya dilakukan karena karyawan tersebut tidak bisa mencapai target kerja pada hari itu atau sudah mendekati dengan batas waktu project yang di kerjakan.

Ada pula karyawan yang sengaja melakukan over time untuk mencari pundi-pundi uang lebih, biasanya dilakukan pada hari libur atau menggantikan partner yang berhalangan hadir, hal itu tergantung di mana perusahaan tempat kamu bekerja nanti.

[5] Minutes of Meeting (MOM)
Istilah ini digunakan saat melakukan meeting biasanya untuk menunjuk catatan yang digunakan saat meeting dan ringkasan hasil dari meeting tersebut. Sehingga para anggota karyawan yang melakukan meeting bisa mengetahui isi dari meeting tersebut. Mungkin secara gampang bisa di sebut sebagai rangkuman meeting.

[6] KPI atau Key Performance Indicators
Sesuai dengan namanya, KPI berisi poin-poin yang berkaitan dengan indikator kerja, indikator yang bisa diukur sehingga jelas bisa diketahui apakah target kerja karyawan atau divisi dalam perusahaan bisa tercapai atau tidak. KPI biasanya digunakan sebagai patokan atau arahan para karyawan dalam bekerja.

[7] OKRs atau Objective Key Results
Hampir sama dengan KPI namun berbeda. OKRs juga merupakan indikator kerja karyawan yang dapat diukur dengan jelas biasanya berupa patokan angka bukan hanya sekedar kalimat namun berupa jumlah. Sehingga karyawan akan lebih terpacu untuk mencapai target kerja.

[8] MOU atau Memorandum of Understanding
MoU sering kali digunakan perusahaan saat akan bekerja sama denga rekanan mereka. MoU sendiri merupakan surat perjanjian kerja sama antara pihak perusahaan dengan pihak partner yang akan melakukan kontrak dengan perusahaan.

[9] SOP atau Standart Operational Procedure
SOP pada satu perusahaan berbeda dengan perusahaan yang lainnya, bahkan antara divisi satu dengan lainnya pun berbeda. SOP ini merupakan peraturan tertulis atau prosedur yang wajib di patuhi oleh karyawan selama bekerja di perusahaan tersebut.

[10] Standing Meeting
Meski tidak digunakan di semua perusahaan, namun istilah ini perlu kalian ketahui. Sesuai dengan namanya, meeting ini dilakukan secara berdiri dengan waktu yang singkat, biasanya untuk menjelaskan sudah sejauh apa project yang kamu kerjakan dan laporan-laporan singkat tentang progress project-mu.

[11] ASAP
ASAP atau As Soon AS Possible merupakan sitilah yang sudah tidak asing lagi ya sepertinya dan sudah banyak digunakan tidak hanya di perusahaan saja. Istilah ini biasanya digunakan untuk project yang datangnya mendadak dan harus segera diselesaikan dengan waktu yang singkat.

[12] Tentative
Kata ini merupakan kata yang sering digunakan untuk hal-hal yang sebenarnya belum jelas arah kedepannya seperti apa. Masih seperti berandai-andai atau jawaban sementara karena belum menemukan jawaban yang pas.

[13] After Lunch
Kalau kamu bekerja di perusahaan besar, tentu tidak akan asing lagi mendengar kata atau istilah ini. Biasanya menunjuk waktu setelah makan siang yaitu jam 1, namun ada juga yang mengartikannya jam-jam setelah makan siang entah jam berapapun itu yang terpenting setelah makan siang.

[14] 13th Salary
Istilah atau kata ini sepertinya adalah kata yang membuatmu bersemangat diantara kata atau istilah yang lainnya. Yaaaps, 13th Salary atau gaji ke-13, perusahaan-perusahaan biasanya akan memberikan gaji ke-13 untuk karyawannya. Pemberian gaji ke-13 ini bisa bersamaan dengan THR ataupun saat awal tahun atau sesuai dengan kebijakan perusahaan tersebut.

[15] Pantry
Ini sebenarnya merupakan nama ruangan, tetapi kata atau istilah pantry bisa menjadi penyemangatmu di tengah-tengah kesibukan kerja. Karena di pantry inilah biasanya para karyawan melakukan aktivitas-aktivitas penyegaran yang tidak bisa dilakukan di ruang kantor tentunya. Jika ada yang berkata padamu “ke pantry yuk” itu artinya “break bentar yuk ngopi dulu”.

[16] Jobdesc
Jobdesc merupakan detail pekerjaan yang harus kamu lakukan saat berhasil membuat kontrak dengan suatu perusahaan. Jobdesc inilah yang akan menjadi acuan kerjamu selama di perusahaan tersebut.

[17] Follow Up
“Nanti saya follow up lagi.”

Istilah ini sepertinya sudah tidak asing lagi ya. Istilah ini biasanya digunakan untuk menindaklanjuti hasil dari presentasi yang kita lakukan pada client. Memastikan mendapat jawaban dari client yang sedang kita handle.

[18] Annual Leave
Ini juga salah satu istilah atau kata yang bisa bikin kamu semangat. Cuti Tahunan atau Annual Leave. Biasanya karyawan akan mendapatkan jatah cuti tahunan yang bisa mereka gunakan sesuai dengan kehendak mereka dan sesuai dengan kebijakan perusahaan tentunya.

[19] Long Weekend
Tidak asing bukan, tidak hanya di perusahaan namun sudah umum digunakan. Istilah ini merupakan istilah yang merujuk pada libur panjang, biasanya saat libur hari Raya ataupun tanggal merah di hari Jumat dan Senin.

[20] Outsourcing
Istilah yang mengacu pada penggunaan tenaga kerja atau karyawaan diluar perusahaan untuk mengerjakan suatu project. Biasanya suatu perusahaan menggunakan tenaga bantuan tersebut karena didalam perusahaan tersebut tidak terdapat ahli bidang pada project yang sedang dikerjakannya.

[21] Remote Working
Istilah ini bisa disebut bekerja secara remote. Berbeda dengan pekerja freelance, remote working ini memang dikerjakan oleh karyawan perusahaan tersebut namun pekerjaan tersebut tidak dilakukan diluar kantor.

[22] Management Trainee
Karyawan yang direkrut perusahaan untuk diberikan pelatihan. Biasanya management trainee berasal dari berbagai macam progdi yang nantinya akan diberikan pelatihan sesuai dengan bidang pekerjaan yang di perusahaan tersebut.

[23] Walk-in Interview
Jika kalian sudah pernah melamar pekerjaan atau melihat lowongan pekerjaan, kadang terdapat istilah ini di dalamnya. Walk-in Interview merupakan wawancara yang dilakukan tanpa seleksi, jadi kamu bisa mengikuti wawancara tersebut secara langsung tanpa membuat janji terlebih dahulu.

Itu tadi beberapa istilah ada di dunia kerja, mungkin beberapa tidak akan kamu dengar jika tidak melakukannya, namun tetap perlu kamu ketahui untuk menambah pengetahuanmu terhadap dunia kerja.

Sumber artikel; https://www.gamelab.id/news/83-istilah-dalam-dunia-kerja-ketika-magang

2 Comments

  • Banyak istilah-istilah yang sering digunakan di perusahaan, baru tahu kalo istilah 13th salary itu adalah THR

    • lebih tepatnya, untuk 13th salary (di istilah kita Gajih ke-13) pemberiannya dari pihak atasan bisa berbarengan dengan THR (Tunjangan Hari Raya) ataupun diawal tahun seperti yang tertera dipenjelasannya, bukan berarti 13th Salary adalah THR.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Us

Luckily friends do ashamed to do suppose. Tried meant mr smile so. Exquisite behaviour as to middleton perfectly. Chicken no wishing waiting am. Say concerns dwelling graceful.

Services

Most Recent Posts

Company Info

She wholly fat who window extent either formal. Removing welcomed.

SMK Negeri 1 Banjarbaru

© 2023 Created with Royal Elementor Addons