Get in Touch

Edit Template

ASSESMEN BAKAT DAN MINAT (ABM)

Banjarbaru, 22/11/2023
Terbagi dalam tiga sesi, pelaksanaan online ABM
Assesmen Bakat dan Minat, diikuti oleh kelas XII, dilaksanakan selama satu hari, menempati ruang Simdig SMKN 1 Banjarbaru.
 
Sesi pertama dan kedua diikuti sebanyak masing-masing 20 orang siswa dan 15 orang sesi terakhir.
Langsung dalam pendampingan oleh operator server, mengatasi bila terjadi kendala dalam jaringan, serta diawasi oleh seorang guru.
 
Assesmen Bakat dan Minat (ABM) merupakan tes mengukur potensi seseorang yang dirancang untuk memprediksi kemampuannya pada bidang-bidang khusus serta minat seseorang berdasarkan ketertarikannya pada suatu jenis kegiatan atau pekerjaan tertentu.
 
Tujuan ABM adalah memberikan informasi ke peserta didik, satuan pendidikan ataupun orang tua mengenai potensi pserta didik tersebut pada bidang-bidang khusus berdasarkan aspek yang diukur sehingga diharapkan dapat membuat arah pengembangan dirinya secara lebih jelas dan terencana.
ABM memiliki manfaat yaitu dapat memprediksi kemampuan peserta didik jika mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi atau pada situasi yang baru.
 
Aspek asesmen bakat yang disajikan meliputi verbal, kuantitatif, penalaran, spasial, mekanika, bahasa dan klerikal sedangkan aspek asesmen minat yang disajikan meliputi:
(1) Minat dasar yaitu ketertarikan yang bersifat unik dan relatif menetap yang dimiliki seseorang terhadap aktivitas/pekerjaan tertentu
(2) Minat metodis yaitu ketertarikan pada berbagai aktivitas/pekerjaan yang terarah dan memerlukan sistematika serta membutuhkan pengetahuan dan keahlian untuk melakukan/menjalankannya
(3) Minat Praktis yaitu ketertarikan pada berbagai aktivitas / pekerjaan yang membutuhkan keterampilan dan pengalaman teknis yang bersifat mudah dipelajari atau tanpa pelatihan khusus.
 
Humas SMKN 1 Banjarbaru

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tentang Kami

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Banjarbaru didirikan pada tahun 1994  dengan nama Sekolah Menengah Industri Kerajinan (SMIK) Banjarbaru Kalimantan Selatan, dan mulai melaksanakan kegiatan Proses Belajar Mengajar (PBM) pada tanggal 1 Juli 1994 di Banjarbaru.

Kompetensi Keahlian

Posts Terbaru

SMKN 1 Banjarbaru

SMK Negeri 1 Banjarbaru

© 2023 Created with Royal Elementor Addons