Menu Tutup

Pembekalan PKL Siswa Perhotelan dan Kuliner

Sharing di Media Sosial :
Banjarbaru, 13/07/2022
Kegiatan rutin tahunan bagi siswa kelas XII SMKN1 Banjarbaru adalah Praktik Kerja Lapangan atau PKL, delapan kompetensi keahlian melaksanakan kegiatan PKL ini.
Sebelum pemberangkatan siswa telah dibekali sebelumnya pada jurusan kompetensi masing-masing, sebagai arahan apa yang harus dilakukan saat ditempat PKL yang akan berlangsung selama enam bulan.
Pentingnya pembekalan ini adalah menegaskan kepada siswa bahwa saat PKL segala sesuatu kebijakan dan peraturan adalah wewenang sepenuhnya tempat dimana mereka melaksanakan PKL, dalam hal ini adalah industri, dunia usaha dan kerja yang merupakan rekanan dari sekolah.
Disamping siswa mendapatkan pembekalan dari sekolah di masing-masing jurusan, siswa juga mendapatkan pembekalan langsung dari industri dan dunia usaha dan kerja, seperti yang dilaksanakan oleh jurusan kompetensi perhotelan dan kuliner, sebagai penambahan bekal mereka siswa PKL dengan arahan dan gambaran kegiatan yang sebenarnya ditempat mereka PKL nanti.
Terkait ini, Pembekalan PKL bagi siswa Perhotelan dan Kuliner langsung dihadiri serta dibuka oleh Kepala SMKN1 Banjarbaru ,Dwi Ayati, M.Pd didampingi oleh Puji Lestari, S.Pd selaku Waka Bidang Humas serta narasumber Juanda selaku Talent and Culture dari Novotel Airport Banjarmasin.
Acara dipandu oleh Nor Akmalia, S.Pd.
Dwi Ayati, M.Pd dihadapan siswa kelas XII perhotelan dan kuliner memberikan wejangan.
SMK adalah sekolah kejuruan dan lulusan siswanya siap untuk bekerja ,tentunya harus melakukan praktik kerja lapangan,didalam praktik kerja lapangan siswa akan mendapatkan suasana lingkup kerja sebenarnya.
Untuk semua lingkup jurusan ,siswa harus mempunyai dan sudah terbangun dalam dirinya Etos kerja yang tinggi ,Karakter kebekerjaan, Karekter adaptabilitas, juga sikap kesantunan.
Demikian juga dengan anak-anakku jurusan kompetensi perhotelan dan kuliner, terlebih didalam praktik kerja lapangan yang akan di jumpai setiap hari adalah beragam tamu dengan tipikal dan karakter yang berbeda satu sama lain, kalian anak-anakku adalah front terdepan dalam layanan, karena baik itu perhotelan ataupun kuliner adalah bagian dari hospitally industri, sebuah bentuk layanan yang harus memuaskan bagi tamu dan pelanggan.
Sikap santun, komunikasi yang baik, kebersihan masuk didalamnya juga hegienis, layanan serta citarasa adalah merupakan satu kesatuan bagian yang dikedepankan dan tak terpisahkan.
Banyak yang diawali dari hal-hal yang bersifat sepele merupakan awal penilaian dari manajemen sebuah industri ataupun usaha dilingkup hospitally industri, apakah memuaskan atau tidak layanan yang diberikan, demikian ucap Dwi Ayati, M.Pd Kepala SMKN1 Banjarbaru mengakhiri wejangan dihadapan siswa perhotelan dan kuliner siang tadi di ruang PTT SMKN 1 Banjarbaru.
Dilanjutkan dengan do’a oleh Ahmad Shofwan, S.Ag dan kemudian langsung masuk pada sesi inti Pembekalan PKL bagi siswa Perhotelan dan Kuliner oleh Juanda selaku Talent and Culture dari Novotel Airport Banjarmasin.
Humas SMKN1 Banjarbaru
Redaksi, Sjamsjul Rizal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *