Menu Tutup

Sosialisasi Program Pengembangan SMK 4.0 SMK Negeri 1 Banjarbaru

Sharing di Media Sosial :
Banjarbaru, 14/11/2022
Bertempat di ruang aula sekolah PTT, dilaksanakan kegiatan “Sosialisasi Program Pengembangan SMK 4.0 SMK Negeri 1 Banjarbaru” ,acara kegiatan ini dipandu oleh Nor Aydawati, S.Pd.
Hadir dalam sosialisasi ini Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan atau yang mewakili Daryatno Ngateno, S.Sos, M.Pd selaku Kepala Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana SMK, Rahmiyanti J.P. ST, MA
Kepala BIDANG Pemerintahan&Pembangunan Manusia pada BAPPEDA Provinsi Kalsel selaku narasumber, Kepala SMKN 1 Banjarbaru Dwi Ayati, M.Pd.
Peserta sosialisasi hadir Dewan Guru dan Tenaga Administrasi Sekolah. Pelaksanaan pengembangan ini sudah berjalan sejak Agustus 2022, segala kegiatan telah dilaksanakan dari berbagai pelaksanaan workshop baik dari industri, praktisi dan juga rekanan Dudika selaku narasumber, ucap Dwi Ayati, M.Pd dalam membuka sambutannya.
Kemajuan teknologi diluar sana tentu haruslah kita imbangi terlebih kita adalah lingkup pendidikan SMK, Industri, Usaha dan Kerja adalah lingkaran lingkup SMK ,dimana peran kita sebagai guru di era digital dan masuk pada revolusi industri 4.0 sangatlah dibutuhkan.
Sebagai pendidik kita harus ,memberikan keterampilan berkomunikasi, berkolaborasi, keterampilan berpikir kritis, keterampilan kreatif, yang dimana semua ini, menjadi tuntutan di era sekarang.
Peserta didik secara perjalanan waktu dan keadaan telah mengenal dan berkegiatan dengan apa itu yang namanya Jejaring berbasis Internet.
Perubahan mindset juga menjadi bagian dari perjalanan pesatnya perkembangan teknologi dan ini tentu merupakan tugas berat dari seorang pendidik.
Tentunya penanaman kuat akan karakter tetap menjadi bagian penting dalam mengimbangi ini.
Kemudian sambutan dilanjutkan oleh Daryatno Ngateno, S.Sos, M.Pd mewakili Kepala Dinas yang tidak dapat berhadir karena ada sesuatu hal yang tidak bisa ditinggalkan ditempat lain.
Daryatno Ngateno, S.Sos, M.Pd menegaskan kembali terkait SMK berbasis industri 4.0, dimana untuk memulai ini perlu kesiapan dan kematangan dalam melaksanakan ini, dukungan tidak hanya dari luar tapi juga intern lingkup sekolah.
Dengan melihat kesiapan SMKN 1 Banjarbaru menuju berbasis industri 4.0 tentunya support besar yang diberikan.
Tentunya keeratan dengan dunia industri, usaha dan kerja terlebih dalam rekanan tidak bisa dipisahkan.
Bagaimana tuntutan industri akan lulusan lulusan yang berstandar industri, dunia wirausaha yang kreatif inovatif ,dan semua ini akan sulit dilaksanakan bila tidak benar benar siap dan merubah mindset ,tidak hanya pada peserta didik tapi juga para pendidik.
Persaingan selalu berjalan seiring pesatnya kemajuan teknologi perubahan perubahan selalu terjadi dan hanya perubahan itu sendiri yang tidak pernah berubah, demikian ucap Daryatno Ngateno, S.Sos, M.Pd sekaligus membuka resmi sosialisasi ini.
Dan selanjutnya masuk pada materi dengan narasumber Rahmiyanti J.P. ST, MA Kepala BIDANG Pemerintahan & Pembangunan Manusia pada BAPPEDA Provinsi Kalsel, dengan materi berkaitan pemgembangan SMK 4.0.
Humas SMKN 1 Banjarbaru
Redaksi Sjamsjul Rizal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *