Get in Touch

Edit Template

In House Training Pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka di Hari Ketiga Kegiatan

Dengan narasumber yang sama Eko Santoso, S.Sn, M.Pd, kegiatan pendampingan implementasi pada hari ketiga dengan topik pembahasan terkait Asesmen yang tentunya dalam Kurikulum Merdeka. Dengan memahami asesmen dalam kurikulun merdeka pada SMK tentunya dapat membantu pendidik dalam menyusun asesmen pembelajaran serta menciptakan pembelajaran yang bermakna, pembelajaran yang berpihak dan memberi kemerdekaan pada peserta didik. Ketika peserta didik menjadi seorang berkeleluasaan maka peserta didik tersebut akan sangat memiliki peluang melakukan inisiatif, memiliki suara, juga kepemilikan dalam proses pembelajaran.
Tentunya ini pembelajaran paradigma baru yang memastikan praktik pembelajaran agar berpusat pada peserta didik. Dengan paradigma baru ini nantinya pembelajaran menjadi siklus yang berawal dari pemetaan standar kompetensi dan perencanaan proses pembelajaran. Dengan kata lain, memberikan keleluasaan bagi pendidik untuk merumuskan rancangan pembelajaran dan asesmen sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik. Dalam kegiatan hari ketiga ini Eko Santoso, S.Sn, M.Pd selaku narasumber menekankan pada Asesmen.
Menjadi pokok bahasan dalam kegiatan hari ini, Asesmen Formatif dan Asesmen Sumatif.
Asesmen formatif bagi peserta didik berguna untuk berefleksi dengan mengawasi kemajuan belajarnya, tantangan yang dialaminya dan langkah langkah yang perlu peserta didik lakukan untuk penggunaan teknik dan instrumen asesmen.
Serta bagi pendidik, asesmen formatif berguna merefleksikan strategi pembelajaran yang digunakannya serta untuk meningkatkan efektivitasnya.
Asesmen Sumatif, pada jenjang pendidikan dan dan menengah bertujuan untuk menilai pencapaian tujuan pembelajaran peserta didik sebagai dasar penentuan kenaikan atau kelulusan dari satuan pendidikan.
Kegiatan hari ini masih dengan kelompok mapel tunggal dan mapel produktif ,topik asesmen hari ini panjang lebar dijelaskan secara rinci oleh narasumber, serta sesekali di sisipi tanya jawab.
Dan bedanya pada hari ini diselingi dengan game yang melibatkan semua peserta IHT, game langsung di komandoi oleh Eko Santoso, S.Sn, M.Pd. Dalam game ada gerakan gerakan yang menjadi contoh terkait olah pikir kita, reflek kita, nalar kita dan yang kesemuanya merupakan media contoh efektif sebagai sesuatu yang kita lakukan pada keseharian.
Humas SMKN 1 Banjarbaru
Redaksi Sjamsjul Rizal

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tentang Kami

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Banjarbaru didirikan pada tahun 1994  dengan nama Sekolah Menengah Industri Kerajinan (SMIK) Banjarbaru Kalimantan Selatan, dan mulai melaksanakan kegiatan Proses Belajar Mengajar (PBM) pada tanggal 1 Juli 1994 di Banjarbaru.

Kompetensi Keahlian

Posts Terbaru

SMKN 1 Banjarbaru

SMK Negeri 1 Banjarbaru

© 2023 Created with Royal Elementor Addons