Get in Touch

Edit Template

In House Training Pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka di Hari Kedua

Topik yang difokuskan adalah pada Pembelajaran Berbasis Project dalam Kurikulum Merdeka.
Kita harus mengetahui terlebih dahulu dengan Pembelajaran Berbasis Project _ Metode pembelajaran yang tepat dalam pelaksanaan proses belajar ,tentunya bila berbicara metode kita akan mencari model pembelajaran yang bagaimana agar menjadi tepat ,maka ditentukan dengan model berbasis project dan ini dipandang tepat terlebih dalam KM atau Kurikulum Merdeka.
Pembelajaran Berbasis Project atau Project Based Learning dengan aktivitas intinya membuat project dalam proses pembelajaran, artinya lebih dominan pada praktik, dan studi kasus boleh dibilang ciri yang harus ada didalamnya agar siswa bisa terbiasa terlatih menyusun, menganalisa, mempresentasikan, memecahkan dan menyuguhkan projectnya ini yang memang layak sebagai project dengan hasil yang diinginkan dan mempunyai nilai dan ini akan menjadi perolehan pengetahuan baru bagi siswa juga sikap sosial yang menjadi bekal di masa depan.
Perlu menjadi catatan bagi pendidik bahwa pembelajaran berbasis project bila sudah berjalan dan kesamaan visi yang bukan lagi menjadi kendala maka bukan saja akan tercipta lingkungan belajar yang seru dan menyenangkan tapi baik pendidik dalam hal ini guru dan peserta didik atau siswa akan berpotensi lebih dapat mengembangkan karakter dan keahlian.
Di hari kedua ini diisi kegiatan ini oleh narasumber dari BBPPMPV Seni dan Budaya Yogyakarta Eko Santoso, S.Sn, M.Pd. dan lebih pada Pematangan Project Based Learning-nya.
Disebutkan disini oleh Eko Santoso, S.Sn, M.Pd, kita langsung akan membuat dan bersimulasi membuat pembelajaran berbasis project.
Kita bagi menjadi dua kelompok ,mata pelajaran produktif dan mata pelajaran tunggal.
Dalam mata pelajaran produktif tentunya silahkan setiap jurusan membuat soalan projectnya dan mata pelajaran tunggal yang include didalamnya seperti matematika, agama, bahasa inggris , bahasa indonesia, BK, pendidikan pancasila serta sejarah juga membuat soalan projectnya.
Dan nantinya mapel tunggal seperti yang tersebut diatas akan mensupport bagi Konsentrasi Keahlian dalam hal ini jurusan dan diselaraskan tentunya dengan Konsentrasi Keahlian yang ada.
Seperti halnya bahasa indonesia dengan teks prosedur-nya, demikian juga bahasa inggris, kemudian seni budaya dengan kreativitas dan estetika-nya, sejarah dengan riwayat runtutan masa yang di lalui ,pendidikan pancasila dengan karakter-nya, agama dengan norma aturan aturan dilingkup agama.
Dan sebagai hasil dari kegiatan dihari kedua ini maka baik dari Mapel Tunggal dan Mapel Produktif berkewajiban mengumpulkan hasil soalan projectnya.
Humas SMKN 1 Banjarbaru
Redaksi Sjamsjul Rizal

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tentang Kami

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Banjarbaru didirikan pada tahun 1994  dengan nama Sekolah Menengah Industri Kerajinan (SMIK) Banjarbaru Kalimantan Selatan, dan mulai melaksanakan kegiatan Proses Belajar Mengajar (PBM) pada tanggal 1 Juli 1994 di Banjarbaru.

Kompetensi Keahlian

Posts Terbaru

SMKN 1 Banjarbaru

SMK Negeri 1 Banjarbaru

© 2023 Created with Royal Elementor Addons