Get in Touch

Edit Template

SOSIALISASI DAN PERSIAPAN PENILAIAN GEOPARK MERATUS DI SMKN 1 BANJARBARUSOSIALISASI DAN PERSIAPAN PENILAIAN

Banjarbaru, 26 Maret 2024
 
Hadir sebanyak 30 orang Siswa dan 20 orang Guru dengan mengambil tempat di aula SMKN 1 Banjarbaru, pelaksanaan sosialisasi oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, Kepala Bidang Kebudayaan Raudati Hildayati, ST, M.Eng didampingi oleh Kasi Sosial Budaya & Kemasyarakatan Kejaksaan Tinggi Kalimantan Selatan, Syarief Hidayat, SH, MH, serta Tenaga Ahli Badan Pengelola Geopark Meratus, Resita Rahmitasari, ST, MT.
 
Dari pihak SMKN 1 Banjarbaru, Plh Kepala Fachriani Sari, S.Pd ,Waka Bidang Sarana dan Prasarana ,Endro Budi Raharjo, S.Pd dan Waka Bidang Humas, Indra Kusuma, MM.
 
Sambutan serta pembukaan oleh Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, Raudati Hildayati, ST, M.Eng.
 
Warisan situs yang ada di Kalimantan Selatan secara data tercatat cukup banyak, pelestarian situs cagar budaya perlu adanya perlindungan secara hak dan kelestariannya, maka ditetapkan adanya peraturan hukum dalam menjaga dan melestarikannya, demikian ungkap Syarief Hidayat, SH, MH, Kasi Sosial Budaya & Kemasyarakatan Kejaksaan Tinggi Kalimantan Selatan.
Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) terus mendorong Geopark (Taman Bumi) Meratus menjadi Unesco Global Geopark setelah ditetapkan sebagai Geopark Nasional pada 2018 lalu. Dengan segala keindahan dan keanekaragaman hayati yang terkandung di dalamnya, Geopark Meratus terus dipromosikan.
 
Alasan menjadikan Pasar Terapung Lok Baintan sebagai salah satu situs Geopark Meratus adalah aliran Sungai Martapura yang berasal dari Pegunungan Meratus. Sungai Martapura terbentuk akibat kejadian bumi, yaitu pada waktu pengangkatan Pegunungan Meratus yang tersusun oleh endapan aluvial sungai seperti pasir, lumpur atau lempung. “Karena itulah pada beberapa tempat bisa ditemukan intan, demikian paparan yang disampaikan Tenaga Ahli Badan Pengelola Geopark Meratus, Resita Rahmitasari, ST, MT. dihadapan peserta sosialisasi.
 
Kegiatan ditutup dengan foto bersama.
 
Humas SMKN 1 Banjarbaru
Redaksi, Sjamsjul Rizal.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tentang Kami

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Banjarbaru didirikan pada tahun 1994  dengan nama Sekolah Menengah Industri Kerajinan (SMIK) Banjarbaru Kalimantan Selatan, dan mulai melaksanakan kegiatan Proses Belajar Mengajar (PBM) pada tanggal 1 Juli 1994 di Banjarbaru.

Kompetensi Keahlian

Posts Terbaru

SMKN 1 Banjarbaru

SMK Negeri 1 Banjarbaru

© 2023 Created with Royal Elementor Addons