Get in Touch

Edit Template

Penguatan Program Pengembangan & Transformasi SMK Berbasis Industri 4.0 Di SMKN 1 Banjarbaru

Berkaitan dengan bantuan pemerintah dalam program pengembangan SMK berbasis industri 4.0 tahun 2023 di tahun ke dua , di SMKN 1 Banjarbaru dikembangkan berbasis 4.0 tahun 2023, diisi dengan narasumber dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Ir. Norman, MT. dan Imran Fauzi.
 
Dengan melek teknologi tentunya akan semakin mempermudah dalam pekerjaan kita, tidak hanya pada kita sebagai pendidik tapi juga membekali siswa dengan teknologi yang semakin pesat perkembangannya, terlebih ini dalam era digital.
 
Pekerjaan pekerjaan yang biasa dilakukan oleh sumber tenaga manusia, perlahan banyak digantikan dengan teknologi mesin, tentunya sangatlah utama dan merupakan prioritas untuk membekali siswa dengan teknologi agar dapat bersaing dengan telah memiliki bekal dalam dirinya agar tidak tergerus oleh kemajuan pesatnya teknologi yang terus berkembang.
Memang tidak semua bisa digantikan oleh teknologi tapi tetaplah ruang teknologi menjadi figur utama dalam akses proses, interaksi dan komunikasi, demikian ucap Dwi Ayati, S.Pd.,M.Pd. dalam sambutannya dihadapan peserta.
Dilanjutkan oleh Ir. Norman, MT., sekilas mengulang perjalanan Revolusi Industri, yang dimulai Revolusi industri 1.0, 1784., Revolusi Industri 2.0 1870 ,dengan first production line, slaughter- houses in ciconati Revolusi Industri 3.0 1969, dengan first programable logic controller dan Revolusi Industri 4.0 dengan cyber -physical Sistem nya.
 
Masuk pada penjelasan urutan lengkap dalam proses apa yang harus diperhatikan, seperti Pilar dari Revolusi Industri yang mempunyai 9 teknologi yang akan menjadi pilar utama untuk mengembangkan sebuah industri biasa menjadi industri yang siap digital.
 
Top 10 Emerging Job Roles & Skill Set in Indonesia, seperti data anallyst & scientist, big data specialist, ini salah satunya dari 10 Emerging Job Roles. Kemudian juga Top 10 Focus Skill Across Companies, seperti Analytical thinking and innovation, Leadership and social influencer, ini juga salah satunya dari 10 10 Focus Skill Across Companies.
 
Dalam sektor pendidikan perlu mengedepankan skill yang dibutuhkan calon pekerja sesuai dengan perkembangan tipe pekerjaan untuk mengisi pekerjaan yang pemenuhan SDM nya masih defisit, dengan uraian jenis Industri dengan tipe pekerjaan yang defisit dengan tipe pekerjaan yang berkembang serta sektor pendidikannya dengan macam-macam skill set nya.
 
Dan ini adalah MP atau Major Project yang maksudnya adalah Pendidikan dan pelatihan vokasi untuk Industri 4.0.
Ini juga menjelaskan visi pengembangan SMK berbasis industri 4.0, terselenggarkannya sistem pendidikan SMK yang efektif dan effisien untuk mencetak tenaga kerja yang berkeahlian yang mendukung pengembangan industri 4.0.
 
Disampingi itu lebih pada teknis ,pada kerangka kerja pemenuhan peralatan praktik, level capaian pada pemenuhan peralatan, level capaian pemeliharaan peralatan, dan tidak hanya sampai pada kedua level itu tapi lebih pada termanfaatkan peralatan secara berkelanjutan.
 
Disoroti pula level capaian kinerja prasarana dengan tingkatan hingga 4 level dan masuk pada penjelasan akhir pada Strategi Pemenuhan Parana dan Prasarana.
 
Pada penjelasan berikutnya lebih pada teknis terkait pada teknis biaya, pengelolaan yang disampaikan oleh Imran Fauzi.
Kegiatan ditutup doa dan foto Bersama
 
Humas SMKN 1 Banjarbaru
Redaksi, Sjamsjul Rizal.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tentang Kami

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Banjarbaru didirikan pada tahun 1994  dengan nama Sekolah Menengah Industri Kerajinan (SMIK) Banjarbaru Kalimantan Selatan, dan mulai melaksanakan kegiatan Proses Belajar Mengajar (PBM) pada tanggal 1 Juli 1994 di Banjarbaru.

Kompetensi Keahlian

Posts Terbaru

SMKN 1 Banjarbaru

SMK Negeri 1 Banjarbaru

© 2023 Created with Royal Elementor Addons