Get in Touch

Edit Template

PRAKTIK IOT LAMPU PINTAR OLEH FITRIA, S.S.T.,S.KOM., MOS. DAN ANHAR KHALID, S.T., M.T. ,POLITEKNIK NEGERI BANJARMASIN

Banjarbaru, 14/12/2023
 
Mobilitas masyarakat modern sekarang ini cukup tinggi, terlebih di kota-kota besar, waktu adalah perpacuan ,waktu adalah peluang. Tidak sedikit masyarakat perkotaan khususnya kota besar ,centra bisnis dan kesibukan lain, untuk menghindari macetnya padat jalan menuju tempat kerja maka mereka rela berangkat ketempat kerja saat belum matahari terbit, artinya mereka meninggalkan rumah dalam keadaan lampu rumah mereka menyala dan kembali pulang kerja lampu tetap menyala.
 
Apakah ini hanya gambaran yang dilebih-lebihkan, tentu bagi kita yang tinggal di kota kota yang mobilitas masyarakatnya tidak sepadat dan sesibuk perkotaan besar akan berpikir demikian, tapi akan beda halnya dengan mereka yang memang hari harinya mengalami demikian.
Apakah ada cara efektif untuk mematikan lampu rumah saat sudah ditempat kerja ,pemikiran ini pernah terlontar dalam benak kita saat apakah kita bisa berkomunikasi dan sembari berhadapan wajah dalam jarak yang jauh dan waktu yang berbeda ,dan itu terjawab saat ini dengan media ponsel atau gadget.
Demikian juga dengan apa yang kita singgung diawal dengan menghidupkan dan mematikan lampu rumah kita dari jarak jauh. Berkaitan inilah di SMKN 1 Banjarbaru, rekan-rekan dari Politeknik Negeri Banjarmasin, membagikan ilmunya kepada Guru dan TAS SMKN 1 Banjarbaru, dengan Tema “Praktik IOT Lampu Pintar.
 
Ada enam perangkat pokok seperti, ESP8266, Kabel Jumper, Kabel USB juga Relay, Set Bola Lampu dan Steker Kabel. Pendukung penting lainnya adalah aplikasi yang tentunya berperan dalam hal ini adalah jaringan internet, adapun aplikasi yang diperkenalkan adalah Arduno, Blynk dan Driver.
 
Langkah praktik selanjutnya tentu secara tahap pertahap dipraktikan oleh rekan-rekan dari Politeknik Negeri Banjarmasin dihadapan peserta yang hadir. Tentunya praktik ini dalam lingkup media yang mudah langsung dipahami dan bisa dipraktikan secara sederhana dengan teknik kecakapan yang tinggi.
 
Kegiatan berlangsung dari pukul 8.00 wita hingga 13.00 wita di meeting room SMKN 1 Banjarbaru.
 
Humas SMKN 1 Banjarbaru
Redaksi , Sjamsjul Rizal.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tentang Kami

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Banjarbaru didirikan pada tahun 1994  dengan nama Sekolah Menengah Industri Kerajinan (SMIK) Banjarbaru Kalimantan Selatan, dan mulai melaksanakan kegiatan Proses Belajar Mengajar (PBM) pada tanggal 1 Juli 1994 di Banjarbaru.

Kompetensi Keahlian

Posts Terbaru

SMKN 1 Banjarbaru

SMK Negeri 1 Banjarbaru

© 2023 Created with Royal Elementor Addons