Get in Touch

Edit Template

“LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN SISWA(LDKS)” SMK NEGERI 1 BANJARBARU TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) calon pengurus OSIS diselenggarakan untuk  melatih skill kepemimpinan, melatih public speaking, melatih kecakapan dan kecekatan, mendorong munculnya inisiatif, dan meningkatkan sikap tanggung jawab. Kegiatan ini dilaksanakan agar para peserta LDKS mendapatkan informasi baru melalui adanya pembekalan dengan berbagai materi yang belum pernah mereka dapatkan sebelumnya. Dengan adanya kegiatan ini, pembinaan karakter siswa dapat dibentuk secara terpadu dan terbimbing. Hal ini dimaksudkan agar pengurus OSIS SMK Negeri 1 Banjarbaru mempunyai bekal yang cukup untuk bertanggung jawab sebagai teladan bagi siswa yang lain, serta mempunyai pengetahuan yang cukup untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab kesiswaan di sekolah. Kegiatan ini akan diisi dengan pemberian materi dari bapak dan ibu guru narasumber, serta pelaksanaan kegiatan di luar lingkungan sekolah. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, peserta LDKS dapat saling mengenal satu sama lain dan memperluas relasi, serta dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun tujuan kegiatan LDKS antara lain:

  1. Membentuk jiwa kepemimpinan bagi calon pengurus OSIS SMK Negeri 1 Banjarbaru;
  2. Melatih dan mendidik siswa siswi untuk dapat hidup lebih disiplin dan bertanggung jawab;
  3. Membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan untuk melakukan analisis pengalaman dan membuat kesimpulan-kesimpulan;
  4. Meningkatkan kemampuan berorganisasi dan mampu menjadi pemimpin yang bertanggung jawab;
  5. Membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan untuk melakukan analisis pengalaman dan membuat kesimpulan-kesimpulan; dan
  6. Memperluas jaringan pertemanan antar siswa dan meningkatkan rasa solidaritas.

Sedangkan kegiatan LDKS diharapkan membawa manfaat bagi pihak sekolah, peserta LDKS calon pengurus OSIS, serta seluruh pihak terkait diantaranya :

  1. Bagi peserta LDKS, dengan adanya pelaksanaan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan calon pengurus OSIS ini, dapat membantu munculnya sikap kepemimpinan dan kepribadian yang berkarakter, memperluas relasi pertemanan, serta mendapatkan informasi-informasi dan ilmu pengetahuan baru yang sebelumnya belum pernah didapatkan.
  2. Bagi pengurus OSIS dan panitia LDKS, dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat menjadi wadah melatih persatuan dan kerja sama antar pengurus, bersikap tanggung jawab, kedisiplinan bertingkah laku, serta meningkatkan kekreatifitasan siswa dalam berpikir.
  3. Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) Tahun Pelajaran 2023/2024 yang bertemakan “Raise The Spirit, Create a New Leadership (Bangkitkan Semangat, Ciptakan Jiwa Kepemimpinan Baru)”

Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) Tahun Pelajaran 2023/2024 dilaksanakan Rabu, 13 September 2023 s.d. Sabtu, 16 September 2023

Kegiatan LDKS diikuti oleh 43 orang yang terdiri dari siswa/i Calon Pengurus OSIS yang telah dinyatakan lolos dari tahap wawancara serta beberapa test dalam  hal kerja sama sebanyak 20 orang dan panitia pelaksana anggota OSIS kelas XI sebanyak 20 orang. Pada kegiatan LDKS tahun ini panitia telah bekerja sama dengan pihak luar sekolah sebagai pengisi materi dalam rangkaian acara tersebut. Kami telah bekerjasama dengan Babinsa Koramil 1006-07/Banjarbaru untuk memberikan pelatihan “PBB & Materi Kebangsaan” dan  Tim BNN Kota Banjarbaru untuk memberikan materi pembahasan  mengenai “Kenakalan Remaja”.

Dengan adanya kegiatan LDKS ini diharapkan tercetak calon pemimpin baru yang memiliki karakter dan jiwa pemimpin yang disiplin, mandiri  serta bertanggungjawab, mampu  memimpin orang lain, kelak menjadi contoh teladan  bagi siswa/i yang lain.

Kegiatan LDKS hari pertama

https://www.instagram.com/p/Cx4cu_1youY/?igshid=MmU2YjMzNjRlOQ==

Kegiatan LDKS hari kedua

https://www.instagram.com/p/Cx4cVJPyoYD/?igshid=MmU2YjMzNjRlOQ==

Kegiatan LDKS hari ketiga:

https://www.instagram.com/p/Cx4b7qcyHuC/?igshid=MmU2YjMzNjRlOQ==

Video kegiatan LDKS

https://www.instagram.com/s/aGlnaGxpZ2h0OjE4MDEzMDQ1Njg3ODAyNDMx?igshid=MmU2YjMzNjRlOQ==

Penulis : Sri Wahyuni, S.Pd Guru Matematika SMK Negeri 1 Banjarbaru

Materi Kepemimpinan dan Kebangsaan dari  Babinsa Koramil 1006-07 Banjarbaru

Materi baris berbaris (PPB) dari  Babinsa Koramil 1006-07 Banjarbaru

Materi Berorganinasai dari TIM Guru Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 1 Banjarbaru


Pembukaan LDKS oleh Kepala SMK Negeri 1 Banjarbaru


Kegiatan Kerja TIM


Kegiatan Senam Pagi

Kegiatan Renungan Malam

1 Comment

  • Sikap kepemimpinan memang perlu diajarkan sejak dini untuk peserta didik. Semoga kelak para siswa mampu menjadi pemimpin yang baik untuk bangsa dan negara.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tentang Kami

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Banjarbaru didirikan pada tahun 1994  dengan nama Sekolah Menengah Industri Kerajinan (SMIK) Banjarbaru Kalimantan Selatan, dan mulai melaksanakan kegiatan Proses Belajar Mengajar (PBM) pada tanggal 1 Juli 1994 di Banjarbaru.

Kompetensi Keahlian

Posts Terbaru

SMKN 1 Banjarbaru

SMK Negeri 1 Banjarbaru

© 2023 Created with Royal Elementor Addons